Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Lancar

Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Lancar

BANJARNEGARA – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2019 yang dilaksanakan di Rejasa Room Surya Yudha Hotel Banjarnegara, berlangsung lancar.

KPU Banjarnegara menggelar rapat pleno terbuka tersebut dengan dihadiri para saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden, saksi dari partai politik dan juga saksi calon anggota DPD RI. Rapat pleno tersebut dilaksanakan pada Jumat-Minggu, (3-5/5) dipimpin oleh Ketua KPU Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya, SP.

Rekapitulasi diawali dengan pembacaan hasil rekapitulasi di wilayah Kecamatan Susukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Susukan dan kemudian dilanjutkan oleh PPK lainnya. Jalannya rekapitulasi di tingkat kabupaten sejak hari pertama hingga ketiga atau hari terakhir, berlangsung lancar.

Para saksi peserta pemilu menerima hasil rekapitulasi dari tingkat kecamatan yang disampaikan oleh seluruh PPK. Ada 20 PPK yang membacakan hasil rekapitulasi di kecamatan masing-masing.

Di tengah rapat pleno tersebut memang ada beberapa pertanyaan dari para saksi terkait perbedaan data. Namun setelah dilakukan pengecekan bersama dengan melihat C1 plano, baik saksi peserta pemilu maupun Bawaslu akhirnya bisa menerima hasil tersebut. Ada juga yang dilakukan koreksi berdasarkan C1 plano tersebut.

Di penghujung pleno kemudian dibacakan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam wilayah kabupaten atau DB1 untuk seluruh jenis pemilihan. Yakni presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

Sejumlah catatan dan rekomendasi Bawaslu juga ditindaklanjuti. Antara lain supaya disampaikan kronologi tertulis mengenai peristiwa yang terjadi di pleno rekapitulasi secara berjenjang.

Setelah dilakukan penandatangan DB1 baik oleh anggota KPU kabupaten maupun para saksi peserta pemilu, selanjutnya dilakukan penyerahan salinan DB1 dari KPU kepada para saksi dan Bawaslu.

Ketua KPU Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya SP, mengatakan rapat pleno tersebut berlangsung lancar. Seluruh saksi baik dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, saksi partai politik maupun saksi calon anggota DPD RI yang hadir menerima hasil pleno dan bersedia menandatanganinya.(*)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *