KPU Kabupaten Banjarnegara Gelar Kursus Kepemiluan

KPU Kabupaten Banjarnegara Gelar Kursus Kepemiluan

KPU Kabupaten Banjarnegara Gelar Kursus Kepemiluan

BANJARNEGARA – KPU Kabupaten Banjarnegara, menggelar kursus kepemiluan bagi generasi muda dan masyarakat umum, (17/12/2018). Kegiatan tersebut, dilakukan sebagai upaya pendidikan pemilih sekaligus kaderisasi penyelenggara pemilu.

Anggota KPU Banjarnegara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif SW mengatakan, kursus kepemiluan digelar untuk lima angkatan dengan peserta dari berbagai segmen. Mulai dari aktivis, pemuda, hingga anggota atau pengurus organisasi kemasyarakatan yang ada di Banjarnegara.

”Kami menggelar kursus kepemiluan ini sebagai upaya pendidikan pemilih, juga sosialisasi dan kaderisasi penyelenggara pemilu. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini, para pemilih pemula, pemilih muda, juga para aktifis dari berbagai komunitas, organisasi kepemudaan, dan masyarakat umum,” katanya.

Menurutnya, setiap angkatan terdiri dari 20 peserta dan peminat terbanyak merupakan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Perwakilan dari sejumlah sekolah menengah juga banyak, termasuk berbagai organisasi pemuda.

”Perwakilan komunitas ada, serta masyarakat dari berbagai kecamatan. Kami memang sampaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mengumumkan kegiatan itu sehingga dapat dikatakan seluruh perwakilan kecamatan ada,” ujarnya.

Peserta kursus kepemiluan mendapat materi mengenai sejarah pemilu, penyelenggara pemilu, pelaksanaan Pemilu 2019, peserta pemilu, pengawasan dan berbagai materi lainnya.

Diharapkan, para peserta kursus kepemiluan tersebut dapat menyebarluaskan informasi kepemiluan, arti penting pemilu kepada anggota komunitas, organisasinya, teman sekolah, teman kuliah dan masyarakat lebih luas lagi.

Pengetahuan dari kursus kepemiluan tersebut, juga dapat menjadi bekal bila mereka berniat untuk menjadi penyelenggara pemilu dari tingkat TPS sebagai KPPS dan seterusnya. Hal tersebut, sesuai dengan tujuan kaderisasi atau regenerasi jajaran penyelengara pemilu.

Catur, seorang peserta kursus kepemiluan, mengaku beruntung bias mengikuti kursus kepemiluan yang digelar KPU Banjarnegara. Sebab, memberikan banyak informasi terkait pemilu secara umum dan khususnya pemilu 2019.(*)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *